Rabu, 16 September 2009

Motivasi 2

Motivasi Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Kita menjadi apa yang kita lakukan. Maka lakukanlah yang penting. Seorang
yang menjual, menjadi penjual. Seorang yang melukis, menjadi pelukis. Dan,
seorang yang mengupayakan agar orang lain mencapai kualitas hidup yang
lebih baik, akan menjadi pemimpin. Pilihlah dengan cermat apa yang Anda
lakukan, karena itulah jadinya Anda nanti. Lakukanlah sesuatu yang
bernilai, hanya karena itulah Anda akan menjadi seorang yang bernilai.

Jangan menunda. Segeralah sambut kesempatan baik pertama yang datang hari
ini. Lebih baik gagal mengupayakan sesuatu yang baik, dari pada berhasil
tidak melakukan apa pun. Mohon diingat bahwa Anda hanya sebaik yang Anda
lakukan. Jangan batasi kebaikan yang bisa Anda lakukan, karena itu akan
membatasi kebesaran yang bisa Anda capai. Janganlah berkecil hati karena
kurangnya kapasitas Anda untuk mencapai kemungkinan-kemungkinan Anda.

Semua yang besar dibangun dari hal-hal kecil yang menjadi komponen
pembentuknya. Maka, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menemukan
hal kecil pertama yang akan membuka pintu bagi hal-hal kecil berikutnya,
yang keseluruhan urutannya akan menjadi sesuatu yang besar dan berarti.
Jangan lihat diri ini hanya sebagai apa ADA-nya, tetapi pastikan Anda
melihat diri ini sebagaimana apa bisa JADI-nya.

Sikap dan usaha yang terpilih adalah jembatan yang akan menyeberangkan
saya. Bila keberhasilan datang dari melakukan sesuatu yang tepat, dengan
cara yang tepat, dan pada saat yang tepat; maka sekarang adalah saat yang
tepat bagi saya. Saya yakin sekali, bahwa sikap yang tepat yang dinyatakan
dalam usaha yang tepat, akan memungkinkan siapa pun mencapai hasil yang
tepat.

Suasana hati saya menentukan kualitas dari hasil saya. Rasa makanan sangat
bergantung pada suasana dalam menikmatinya. Maka hanya karena saya
berharapan baik setiap hari, hari-hari saya akan menjadi penuh harapan.
Bila saya terus melakukan hal-hal yang tidak saya sukai, cepat atau lambat
saya akan tidak menyukai diri saya sendiri. Bila saya bergembira dengan
yang saya kerjakan, saya akan menyukai diri saya, dan saya akan bisa merasa
damai dalam persahabatan dengan diri saya sendiri. Bila saya bergembira dan
merasa damai dengan diri sendiri, maka datangnya keberhasilan yang lebih
besar lagi – hanya masalah waktu.

Saya hanya akan bergerak kepada apa yang tergambar
dalam pikiran saya. Semua jalan menuju keberhasilan,
mensyaratkan saya untuk menggambarkan keberhasilan yang saya inginkan
dengan jelas, dan mengharuskan saya untuk betul-betul menginginkan
gambaran itu. Tanpa gambaran yang jelas mengenai tujuan saya –
perjalanan saya akan menjadi tidak berarah. Dan tanpa keinginan yang
kuat – perjalanan saya menjadi tidak bertenaga.

Saya harus sibuk melakukan pekerjaan yang membangun hidup saya, bukan
pekerjaan yang menghabiskan hidup saya. Saya tidak akan lagi bekerja hanya
untuk mengisi waktu. Tidak lagi, saya akan melakukan sesuatu hanya karena
seseorang memerintahkannya kepada saya. Saya tidak akan lagi menyesalkan
pekerjaan saya – bila saya tidak punya keberanian untuk menggantikan
pekerjaan itu dengan yang lebih sesuai untuk hati ini. Saya akan berupaya
untuk melakukan hanya hal-hal yang berguna bagi hidup saya, bukan yang
hanya menghabiskan hidup saya.

Sebetulnya, tidak ada cara untuk mencegah terjadinya perubahan di kehidupan kita ini, tetapi kita semua dilengkapi dengan kemampuan yang cukup untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Tetapi, kemudian terbukti bahwa berubah sesuai dengan perubahan lingkungan usaha atau kemasyarakatan saja, ternyata tidak cukup. Karena, itu hanya perubahan untuk menjaga tempat yang sama dengan tempat sebelum datangnya perubahan. Sehingga, untuk tumbuh, kita harus berubah lebih cepat dari perubahan itu sendiri.
 
Maka, bangkitlah, tegaklah, dan segeralah lakukan sesuatu yang penting. Anda dapat mengubah hidup Anda dengan mengubah yang Anda kerjakan. Anda dapat meningkatkan kualitas hidup Anda, dengan meningkatkan kualitas dari cara-cara Anda. Pastikanlah, bila Anda diberikan cukup waktu untuk berubah, Anda akan berubah. Dan perubahan itu sebanding dengan kekuatan keputusan Anda untuk menjadi sebuah pribadi yang lebih baik. Bantulah orang untuk lebih terang melihat dirinya, dia akan bisa melihat bahwa berhasil itu adalah hak.

Tidak ada komentar: