Senin, 27 April 2009

Saya tidak tahu

Saya tidak tahu.
       
"Apakah Anda orang suci ?", tanya  seorang pemuda yang panasaran kepada Guru.
"Saya tidak tahu", jawab Guru.
"Bukankah orang suci harus tahu  siapa dirinya ?"
"Saya tidak tahu", jawab beliau  lagi.
"Kalau begitu Anda bukan orang  suci ?", tanya si pemuda lagi.
Dan lagi-lagi dijawab oleh Guru dengan : "Saya tidak tahu".
   
Kita umumnya punya persepsi  sendiri tentang Tuhan, tentang para dewa atau malaikat, tentang orang suci, atau tentang segala sesuatunya. Dalam  keterbatasan dari persepsi kita itu, kita 'merasa tahu' tentang banyak hal, bahkan semua hal. Dan berdasarkan persepsi kita itu pula kita kemudian menilai siapapun atau apapun. Padahal,  segala sesuatunya hanya seperti apa  adanya. Persepsi kita itu belum tentu benar adanya.
       
Bali, Kamis, 14 Desember 2006.
Ngestoe Rahardjo

Tidak ada komentar: