Selasa, 06 Januari 2009

Meningkatkan Kolesterol Baik Dalam Tubuh

Meningkatkan Kolesterol Baik Dalam Tubuh
Bukan hanya dalam film saja yang memiliki pembagian peran antagonis dan protagonis, kolesterol juga memiliki penggolongan yang serupa. Untuk itulah kita perlu mengenal dulu apakah yang disebut dengan kolesterol jahat dan kolesterol baik.

Kolesterol adalah suatu unsur lemak di dalam darah yang dibentuk oleh hati dan ditemukan di setiap sel tubuh. Fungsi kolesterol antara lain untuk membangun dinding sel, pembentuk hormon dan empedu.

Sebenarnya tubuh kita sudah memproduksi sendiri kolesterol, tetapi asupan makanan yang kita konsumsi setiap hari membuat kadarnya dalam tubuh menjadi tinggi. Makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi di antaranya kuning telur, cumi, udang, kepiting dan jeroan. Setiap harinya kadar normal kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh tidak lebih dari 200 mg/hari.

Meski kolesterol dibutuhkan oleh tubuh, tetapi jumlahnya tidak boleh berlebihan karena akan menyebabkan penyumbatan dalam dinding pembuluh darah. Kolesterol tinggi merupakan momok bagi dunia kesehatan saat ini, ia sering disebut sebagai silent killer karena menjadi penyebab stroke dan penyakit jantung koroner.

Ada dua jenis kolesterol, yaitu LDL (low density lipoprotein) atau biasa disebut ''kolesterol jahat'' karena menyebabkan pengendapan pada dinding pembuluh darah karena LDL akan disimpan di dinding arteri yang kemudian hal ini disebut plaques.

Plaques ini akan menjadikan dinding arteri menjadi sempit dan dapat menyumbat aliran darah, keadaan ini biasa disebut aterosklerosis. Apabila plaques ini menyumbat aliran darah yang menuju jantung maka terjadilah serangan jantung, tapi jika menumbat aliran yang menuju otak dapat menyebabkan stroke.

Yang kedua adalah HDL (high density lipoprotein) yang disebut sebagai ''kolesterol baik'' karena ia akan membawa kolesterol dari pembuluh darah ke hati untuk dipecahkan dan dikeluarkan.

Menurut hasil penelitian, peningkatan jumlah HDL sangat penting untuk menurunkan si jahat LDL. Lalu bagaimana agar jumlah HDL dalam tubuh kita meningkat ? Menurut dr. Samuel Oetoro MS. SpGK dari FKUI yang terpenting adalah mengubah gaya hidup dan olahraga secara teratur.

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan kadar HDL kita :

1. Selalu mengkonsumsi makanan kaya serat
2. Memilih susu rendah lemak
3. Meningkatkan aktivitas fisik /berolahraga secara teratur
4. Memilih lemak yang baik
5. Mempertahankan berat badan ideal dan mengurangi berat tubuh bagi yang kegemukan
6. Memilih ikan daripada daging
7. Mengkonsumsi kolesterol tidak lebih dari 200 mg/hari.
8. Berhenti merokok
9. Menambah suplemen alami dari makanan, antara lain asam lemak omega 3 (didapat dari ikan), omega 6 (di dapat dari kedelai, jagung), omega 9 (minyak zaitun satu sendok per hari, alpukat dan kacang rebus).
10. Mengkonsumsi fitosterol 2 mg/hari. Fitosterol bisa didapatkan dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Agar lebih optimal penyerapannya, bahan pembawa fitosterol harus susu.

Setiap orang sebenarnya sadar bahwa hidup sehat itu penting, tetapi memiliki gaya hidup sehat memerlukan sebuah perjuangan. Kalau tidak sekarang, kapan lagi ?

Sumber : Kompas Cyber Media
Updated : 19 Agustus 2006 09:17:54 WIB by syifa

Tidak ada komentar: