Minggu, 13 April 2014

Tukang Omong

TUKANG  OMONG
(Serpihan-Serpihan Kisah Yang Tercecer)
     
          Belum lama ini (Minggu, 06 April 2014) saya berjalan-jalan di Minahasa Tenggara (Mitra) dan ketika hendak kembali ke Manado, saya menyempatkan diri  untuk singgah  membeli buah salak di sebuah kios. Sejenak saya tertegun membaca tulisan pada dinding warung itu, "Jangan percaya kepada tukang omong."  Dalam hati saya berkata, "Oh menjelang Pemilu biasanya banyak tukang omong."
          John Bunyan (1628 – 1688) penulis buku legendaris, "The pilgrim's Progress" menceriterakan kepada kita mengenai  makna  talkative (tukang omong). Tulisnya,  "Dia adalah orang suci di negeri asing dan iblis dalam rumah." Banyak orang berbicara dengan sopan kepada orang asing dan mengotbahkan kasih serta kelemahlembutan, tetapi membentak dengan rasa tak sabar dan jengkel dalam rumahnya sendiri. Kita tahu bahwa ada seseorang yang berbicara dengan sikap murah hati pada suatu pertemuan keagamaan, tetapi kemudian ke luar menghancurkan reputasi orang lain dengan lidahnya dengan rasa kebencian.
          Bagi orang Jawa, "tukang omong" disebut   sebagai mitro nggedebus  atau  kakehan cangkem. Kalau orang Manado menyebutnya sebagai  mulut  babusa atau  mulut karlota. Memang, "tukang omong"  tidak menduduki  "tempat yang terhormat" dalam masyarakat.
          Maka tidak mengherankan jika peribahasa, "tong kosong berbunyi nyaring" atau " Air beriak tanda tak dalam" sangat popular untuk menyudutkan si  "tukang omong" yang kadang-kadang hanyalah omong kosong.  Dan pada gilirannya, kebanyakan masyarakat memuji orang-orang yang diam, "Silent is golden!" Lantas kita bertanya, "Apakah sikap diam itu benar-benar emas?"
 
Kamis, 10 April 2014   Markus Marlon



Sent by PDS
http://pds-artikel.blogspot.com

Tidak ada komentar: