Senin, 24 Februari 2014

Marah

MARAH
( M     o     t      i     v     a     s     i )
 
 
          Pada suatu ketika,  saya membaca sebuah tulisan di dinding sebuah Ruang Tamu dari seorang   General Manager, "Semua yang dimulai dengan rasa marah akan berakhir dengan rasa malu."  Tulisan itu adalah ucapan dari  Benjamin Franklin (1706 – 1790).
          Hampir semua kemarahan terjadi di luar rencana dan di luar kendali kita. Lalu kita bertanya, "Kalau kita memang tidak pernah menjadwalkan  kemarahan, untuk apa kita marah?"  Kemarahan menyebabkan hilangnya damai sejahtera. Kemarahan mengakibatkan  kreativitas terhenti. Kemarahan menciptakan persahabatan menjadi hancur  dan kemarahan mengganggu kesehatan.
          Marah dan  gusar serta  temperament   meledak-ledak yang ditujukan kepada satu orang atau beberapa orang akan berbahaya. Rasa marah tersebut  membahayakan diri kita sendiri,  melebih bahaya yang ditimbulkan pada orang-orang yang jadi sasaran kemarahan kita. Frank Minirth   dalam bukunya yang berjudul  "Mengejar Kebahagiaan" berpendapat bahwa kemarahan bisa menyebabkan penyakit kronis. Tulisnya, Pada kenyataannya,  faktor tunggal yang paling sering menyebabkan serangan jantung pada orang dewasa Amerika bukannya kolesterol yang tinggi, merokok atau sejarah jantung keluarga. Sebaliknya faktor tersebut adalah sikap kronis terhadap interaksi yang penuh permusuhan (marah) dengan orang lain" (hlm. 48).
          Marah  yang dalam bahasa Inggris anger  itu diturunkan dari bahasa Latin angere  yang berarti: mencekik atau membuat seseorang tidak dapat bernafas. Memang, orang yang sedang marah itu nafasnya pendek-pendek dan mukanya menjadi merah (Bdk. Tokoh wayang Baladewa yang memiliki  soca merah karena suka marah).  Vergilius (70 seb. M  – 19 seb. M) dalam bukunya yang berjudul  "Aeneas"   menulis, "Furor arma ministrat" – kemarahan itu (selalu) mengarah untuk memakai senjata. Terjemahan bebasnya: kemarahan cenderung membuat orang ingin berkelahi.
          Kemarahan bisa kita kendalikan. Nabi Muhammad (570 – 632) pernah bersabda, "Pahlawan bukanlah orang yang berani menetakkan pedangnya ke pundak lawan, tetapi pahlawan yang sebenarnya ialah orang yang sanggup menguasai dirinya ketika ia marah."  Di sinilah kita perlu mengelola emosi kita dan jangan ijinkan rasa marah menjadi tuan dalam diri serta  jangan tunduk pada emosi-emosi negatif. Strategi mengatasi kemarahan yang paling efektif adalah menundanya dengan pergi meninggalkan penyebab kemarahan tersebut.  
 
Kamis, 20 Februari 2014   Markus Marlon
 

Sent by PDS
http://pds-artikel.blogspot.com

Tidak ada komentar: