Selasa, 20 Oktober 2009

Belajar Agar Menjadi Orang Bijak

Belajar Agar Menjadi Orang Bijak

Ada dua orang anak yang bernama Ping dan Hui.
Ping dan Hui itu bersekolah di sekolah yang sama.
Suatu hari seusai pulang sekolah, Hui bertanya
kepada Ping.

Hui: Ping, mengapa kamu belajar sangat tekun?

Ping: Kamu dulu yang menjawab pertanyaan itu.

Hui: Ibu saya berkata, jika saya belajar dengan
tekun, saya akan menjadi pejabat yang berkuasa
dan kaya. Dia berkata bahwa saya akan bepergian
dengan sedan dan banyak orang yang datang
ke rumah membawa hadiah.

Ping: Saya dengar orang-orang berbicara dengan
penuh hormat tentang orang-orang bijak pada
zaman dahulu.. Saya sangat tersentuh dengan
keagungan sifat mereka. Saya ingin seperti mereka.

Hui: Jadi, kamu ingin menjadi orang bijak?
Betapa konyolnya!

Ping: Apanya yang konyol dengan cita-cita itu?
Jadilah seperti bebek yang ingin menjadi angsa!
Guru kita mengajarkan, hanya dengan bercita-cita
tinggi kita akan berprestasi baik.

Hui: Sepertinya kamu benar.

Kita belajar agar menjadi lebih baik dan
akhirnya menjadi orang yang bijak. Jika seseorang
berpikir hanya meniti karier untuk mendapatkan
kedudukan sosial yang tinggi dan menjadi kaya,
maka ia akan menjadi orang yang jahat
dan membahayakan ketentraman masyarakat.

Dikutip dari: The Chinese Code of Success,
'Prinsip Keseimbangan Hidup'

Tidak ada komentar: