Senin, 15 Desember 2008

Mengubah dunia

Mengubah dunia

Sufi Bayazid berceritera tentang dirinya seperti berikut ini :

"Waktu masih muda, aku ini revolusioner dan aku selalu berdoa : Tuhan, berilah aku kekuatan untuk mengubah dunia!

Ketika aku sudah separuh baya dan sadar bahwa setengah hidupku sudah lewat tanpa mengubah satu orang pun, aku mengubah doaku menjadi : Tuhan, berilah aku rahmat untuk mengubah semua orang yang berhubungan denganku : keluarga dan kawan-kawanku, dan aku akan merasa puas dan berarti!

Sekarang ketika aku sudah menjadi tua dan saat kematianku sudah dekat, aku mulai melihat betapa bodohnya aku, doaku satu-satunya sekarang adalah : Tuhan, berilah aku rahmat untuk mengubah diriku sendiri!

Seandainya sejak semula aku berdoa begitu, maka aku tidak begitu menyia-nyiakan hidupku!"
 
(disadur dari A. de Mello SJ, Burung-burung berkicau, CLC, 1994, hlm 187)

Tidak ada komentar: